Mengatasi Shutdown Bermasalah

Apakah sobat pernah bermasalah dengan shutdown di PC sobat ? kali ini saya akan share cara mengatasi shutdown yang bermasalah, oke langsung saja.


Apa yang terjadi jika PC yang Sobat kenakan tidak bisa shutdown, menekan tombol power ? atau langsung mencabut colokan dari sumber listrik ?
Jika anda sering melakukan hal - hal tersebut secara terus menerus jelas akan ada dampak yang fatal bagi PC anda dikarenakan tidak sesuai dengan prosedur.
Kali ini saya akan memberikan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada fitur shutdown.
Tips 1 Jika setiap anda melakukan shutdown keluar dialog seperti pemberitahuan ada aplikasi yang berjalan, berarti sebelum PC anda dimatikan terdapat proses yang sedang berjalan dan setelah ingin masuk proses shutdown Windows akan memberikan notifikasi yang menyatakan bahwa ada aplikasi yang sedang berjalan. Jika ini terjadi pastikan aplikasi yang sedang sudah benar-benar ditutup baik aplikasi yang aktif di desktop ataupun yang berjalan secara background.
Tips 2 Jika tips pada point kedua tidak berhasil anda bisa menonaktifkan services yang tidak penting pada msconfig.exe, caranya masuk start screen atau start menu lalu ketik msconfig.exe dan enter. pilih tab Services lalu centang Hide All Microsoft services, lalu pilih beberapa services dari aplikasi yang memang tidak penting untuk dijalankan saat proses booting sampai mati.
Catatan : Jangan sekali-sekali untuk menonaktifkan salah satu services dari microsoft karena jika anda melakukannya maka akan terdapat komponen yang tidak berjalan sama sekali.
Tips 3 Pastikan jumlah startup pada PC sedikit. Ini memungkinan untuk PC bekerja lebih cepat lagi saat pertama kali booting. Caranya hampir sama dengan tips 2 untuk Windows 7 akan tetapi untuk Windows 8 anda bisa mematikan beberapa startup lewat taskmanager pada tab startup. matikan beberapa startup yang tidak dibutuhkan sama sekali dengan cara menghilangkan centang atau klik kanan lalu pilih disable.
Tips 4 Pastikan database antivirus kamu up to date, terkadang proses shutdown bisa bermasalah lewat beberapa jenis virus. database virus yang up to date juga tidak bisa diandalkan jika antivirus yang kamu gunakan masih bajakan ataupun memiliki fitur yang minim, jadi alangkah baiknya untuk gunakan Windows Defender dari Microsoft atau Antivirus gratis lainnya.
Tips 5 Pastikan Windows yang kamu gunakan up to date. Hampir setiap hari selasa di minggu kedua Microsoft akan merilis update dan patch untuk Windows (biasanya dikenal dengan “Patch Tuesday”). Biasanya update dari Microsoft ini memiliki manfaat dan meningkatkan performa PC hingga kekebalan sistem terhadap bug yang sudah ditemukan. Windows yang up to date bisa mengurangi resiko terjadinya error di Windows, termasuk berbagai permasalahan shutdown.
Tips 6 Pastikan hardware yang terpasang pada PC sudah terawat dengan baik tanpa kerusakan sedikitpun. Jika kelima tips diatas tidak berhasil mungkin saja hardware yang terpasang memiliki masalah seperti IC yang terdapat pada Motherboard sehingga pada saat proses shutdown PC tidak bisa mati.
Sumber : WINPOIN
Semoga Bermanfaat :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Install LINE Let's Get Rich di Galyoung GT-S5360

Download Netcut Terbaru Versi 2.1.4